Profil

Program Studi Informatika Universitas Kristen Petra secara resmi didirikan melalui Surat Keputusan No. 147/DIKTI/KEPT/1998, tanggal  25 Mei 1998 dan telah terakreditasi dengan nilai A berdasar Surat Keputusan No. 3869/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019 pada tanggal 15 Oktober 2019.
Program Studi Informatika mempunyai fokus yaitu menghasilkan lulusan yang mempunyai spesialisasi pada aplikasi dinamis (dynamic application) yaitu aplikasi yang dapat dijalankan pada berbagai macam perangkat keras (komputer, PDA, handphone) dengan menggunakan infrastruktur jaringan komputer baik wireless maupun kabel.
Sehingga Program Studi Informatika menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan kepemimpinan, berintegritas, kompeten dan professional dalam bidang TI, dengan kualifikasi mampu mendesain dan memecahkan masalah sesuai bidangnya, memiliki wawasan global, mampu menjadi pelaku perubahan untuk meningkatkan daya saing bangsa berdasarkan nilai-nilai Kristiani.
 
Profil Profesional Mandiri dari lulusan Program Studi Informatika UK Petra adalah Profesional teknologi informasi dengan karakter SPIRIT: 
● Self-lifelong learning – Mampu mengembangkan keilmuan secara berkelanjutan baik melalui jalur akademik maupun non-akademik; 
● Prominence – Mampu membangun dan mengembangkan usaha mandiri berbasis teknologi informasi yang memberikan dampak nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; 
● Integrity – Berkomitmen pada nilai-nilai Kristiani; 
● Resilience – Mampu mengakomodasi perkembangan teknologi informasi di masa yang akan datang; 
● IT-savviness – Mampu menghasilkan solusi kebutuhan suatu organisasi dengan menggunakan teknologi informasi.
 

Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Informatika yang peduli dan mempunyai reputasi nasional dan internasional dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berkomitmen pada nilai-nilai Kristiani.

Misi Program Studi

Menghasilkan tenaga profesional yang handal, mampu mengakomodasi perkembangan teknologi informasi di masa yang akan datang, dan berkomitmen pada nilai-nilai Kristiani, melalui:

  1. Sistem pendidikan yang berkualitas dan berfokus pada minat mahasiswa dan permintaan pasar global;
  2. Penelitian dan publikasi ilmiah sebagai dasar pengembangan keilmuan sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia industri;
  3. Partisipasi aktif dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakat;
  4. Penyusunan dan pelaksanaan program yang efektif, efisien, dan berkesinambungan mengacu pada kebutuhan stakeholder.

Mengapa Informatika UK Petra?

Program Studi Informatika menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk melakukan analisa, desain, pengembangan perangkat lunak, serta mengimplementasikan teknologi informasi sesuai kebutuhan perusahaan (multimedia, computer network, computer security, game production, dan mobile device).
Informatika UK Petra mempunyai keunggulan-keunggulan:

  1. Staf pengajar adalah lulusan S2 dan S3 dari universitas luar dan dalam negeri, profesor di bidang Soft Computing serta praktisi di bidang teknologi informasi serta bisnis.
  2. Mempunyai kerja sama penyelenggaraan dual degree (gelar ganda) dengan Inholland University dan Fontys University, Belanda yang memungkinkan mahasiswa memperoleh dua gelar (Bachelor of Engineering/B.Eng dan Sarjana Komputer/S.Kom) pada saat lulus dengan mengikuti perkuliahan 3 tahun UK Petra + 1 tahun universitas luar negeri.
  3. Bekerja sama dengan CISCO, Mikrotik, Oracle Academy, Odoo, iDUP, Microsoft, SAP, Red Hat Academy untuk menggunakan materi dan menyelenggarakan program sertifikasi internasional seperti Cisco Network Academy.Program guna membekali mahasiswa dengan kemampuan profesional yang dibutuhkan di dunia kerja.
  4. Bekerja sama dengan testing center Pearson VUE yang memungkinkan mahasiswa mengikuti tes guna mendapat sertifikasi internasional yang digunakan sebagai nilai tambah saat memasuki dunia kerja.
  5. Perpustakaan dengan lebih dari 5000 judul koleksi di bidang teknologi informasi.
  6. Mempunyai beragam prestasi di tingkat nasional dan internasional seperti memenangkan hibah PHK A-2 DIKTI 2007-2009, memenangkan hibah penelitian dosen muda, penelitian hibah bersaing, hibah kompetensi DIKTI sejak 2006 hingga sekarang, best paper award pada seminar internasional.
  7. Mempunyai 6 laboratorium penunjang kegiatan perkuliahan : Game & Virtual Reality, Pemrograman, Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Sistem Cerdas dan Multimedia.
  8. Akses free internet 24 jam ditunjang dengan WiFi hotspot di seluruh kampus.

Kurikulum

Kurikulum Prodi Informatika (Kurikulum 2016) disusun dengan menerapkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) jenjang 6 (enam). Kurikulum ini telah menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dengan melibatkan stakeholder terkait seperti pengguna lulusan, alumni, mahasiswa dan dosen serta mengakomodasi teknologi terkemuka dengan melibatkan vendor software seperti Oracle University, CISCO Networking Academy, MikroTik Academy, iDUP (iOS Developer University Program), OpenERP (Odoo) Academy, Microsoft IT Academy, IBM Academic Initiative, dan SAP ERP. Kurikulum yang dibentuk juga telah berpedoman pada standar dari APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia) serta ACM.

Fokus:

1. Intelligent System
2. Mobile Application Development
3. Data and Network Security
4. Game Development

Total SKS: 144 sks.

Dapat diselesaikan dalam 8 semester atau kurang. Waktu tunggu kerja kurang dari 2 bulan.

Gelar lulusan: S.Kom

Hotline

Informatika
Universitas Kristen Petra
Jl. Siwalankerto 121-131
Surabaya - 60236
Telp: 031-2983450, 031-2983451, 031-2983452
Fax: 031-8417658
Email: kj-infor@petra.ac.id