Double Degree di Fontys University, Belanda

03 mei 2015

Universitas Kristen Petra Surabaya telah bekerja sama dengan Universitas di Belanda untuk memberikan fasilitas bagi mahasiswanya yang berprestasi untuk mendapatkan Double Degree. Beberapa teman yang mengikuti pendidikan Double Degree di Fontys University, Belanda pada tahun 2014 yaitu Danny Benlin dan Hans Tiono.

Berikut adalah sedikit pesan dan kesan pengalaman teman-teman yang telah  mengikuti Double Degree di Fontys University, Belanda :

Danny Benlin :

1. Kenapa ikut Double Degree?

"Untuk mencari pengalaman studi dan bekerja di luar negeri."

2. Apa manfaat mengikuti program Double Degree?

"Mendapat pengalaman studi dan bekerja di luar negeri. Juga bisa mengetahui pola kurikulim universitas luar negeri. Di luar bidang akademi, dapat merasakan adaptasi ke cuaca, budaya dan sistem transportasi baru, sekaligus melatih berbahasa Inggris (dan Belanda)."

Apa kesan-kesan selama berada di Belanda?

"Pertama agak khawatir mengenai masalah bahasa, tapi cukup lega setelah sekian lama bertemu orang-orang Belanda umumnya bisa berbahasa Inggris. Di sini segalanya juga terasa lebih teratur dan lebih mudah. Satu hal yang sampai sekarang masih menjadi problem adalah cuaca di Belanda. "

Apa kesan-kesan selama mengikuti program Double Degree ini hingga sekarang?

"Cukup terkesan dengan perbedaan sistem pelajaran yang cukup mencolok dengan Indonesia, untung bisa beradaptasi dan mendapat hasil yang memuaskan."

 

Hans Tiono :

1. Kenapa ikut Double Degree?

"Alasan utamanya adalah untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman baru di bidang informatika dan saya rasa Eindhoven, Belanda merupakan kota yang tepat dimana teknologi berkembang dan banyak dipakai. Selain itu, saya mau mengembangkan kepribadian / karakter saya di tempat ini dan belajar hal-hal baru. Di balik itu semua saya yakin, Tuhan memiliki rencana untuk hidup saya lewat program double degree di Belanda ini."

2. Apa manfaat mengikuti program Double Degree?

"Secara akademik, program double degree ini membuat saya mengenal lebih dalam mengenai dunia IT dan pemrograman, trend IT yang sedang berkembang saat ini, dan juga bagaimana cara pengaplikasiannya di dalam dunia kerja. Secara non-akademik, justru lebih banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti bagaimana menyesuaikan diri dengan budaya lain yang sangat berbeda dengan budaya Indonesia, bagaimana cara berkomunikasi dan bekerja dalam tim dengan baik, serta bagaimana cara membentuk kepribadian dan kemandirian diri. Salah satu manfaat yang paling bisa dirasakan secara nyata adalah peningkatan dalam kemampuan berbahasa Inggris dan pembelajaran bahasa baru, yaitu bahasa Belanda. Sebagai instansi pendidikan internasional, Fontys menuntut murid-muridnya untuk mampu fasih berbahasa Inggris. Di sini, saya memiliki teman-teman yang juga sudah setiap hari terbiasa berbicara dalam bahasa inggris. Jadi, untuk menyesuaikan diri berbicara bahasa inggris tidak terlalu sulit karena setiap hari saya merasa dilatih untuk berkomunikasi, meskipun memang awalnya belum terbiasa."

Apa kesan-kesan selama berada di Belanda?

"Banyak hal yang terjadi selama tinggal di Belanda ini, tetapi ada tiga hal yang menurut saya paling berkesan karena saya tidak pernah mengalaminya selama saya hidup di Indonesia: cuaca, bahasa, dan makanan di Belanda. Merasakan cuaca dingin dibawah nol derajat, merasakan jenis makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari oleh orang Belanda, dan merasakan benar-benar menjadi orang asing yang tidak dapat mengerti bahasa Belanda. Namun disisi lain, saya sangat bersyukur karena dengan adanya hal-hal baru ini, saya belajar sangat banyak. Mungkin jika saya tidak ke Belanda, saya tidak akan mendapatkan pelajaran hidup sebanyak yang saya sudah dapatkan saat ini. "

Apa kesan-kesan selama mengikuti program Double Degree ini hingga sekarang?

"Program double degree ini berlangsung dua semester, semester pertama saya berkuliah di Fontys dan semester kedua saya menjalani internship di salah satu perusahaan di Belanda. Selama berkuliah, saya mengenal teman-teman dari berbagai negara dan merasakan perkuliahan di Belanda. Selama internship, saya menikmati bekerja di perusahaan tempat saya bekerja karena rekan-rekan sekerja saya juga baik dan open-minded."


Close