Kunjungan ke Jawa Pos dan JTV

08 mei 2014

SE Lokal JawaPos dan JTV
Pada semester ke dua tahun 2014 ini, Program Studi Informatika dan Sistem Informasi Bisnis (SIB) Universitas Kristen Petra mengadakan Studi Ekskursi Lokal (SE Lokal) yang dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 23 April 2014 dan 8 Mei 2014 lalu. SE Lokal yang dilaksanakan pada tanggal 23 April 2014 dilaksanakan di redaksi Jawa Pos yang terletak di gedung Graha Pena Surabaya. Melalui Studi Ekskursi di Jawa Pos ini peserta bisa banyak mengetahui mengenai sejarah awal mula berdirinya Jawa Pos, macam-macam rubrik unggulan dari Jawa Pos yang pernah diterbitkan (seperti Deteksi, For Her, Evergreen, dll.).


Di samping itu, ternyata koran- koran yang diterbitkan oleh Jawa Pos semuanya terbuat dari kertas dengan bahan yang telah didaur ulang sehingga dalam proses produksi nya tidak menggunakan pulp dari pohon, melainkan dari kertas-kertas sisa yang tidak terpakai lagi dan yang lebih mengagumkan lagi, Jawa Pos ternyata memiliki pabrik kertas sendiri yang terletak di kota Gresik sebagai pusat pembuatan kertas untuk koran-koran terbitan Jawa Pos sendiri.
Melalui kegiatan ini, peserta juga bisa mengetahui bagaimana ceritanya suatu media informasi seperti Jawa Pos bisa memperoleh berbagai macam berita baik yang sifatnya lokal maupun internasional. Untuk berita yang bersifat nasional, Jawa Pos memiliki sebuah server dimana server tersebut berisikan data-data, informasi, serta berita-berita yang dikirimkan dari seluruh wartawan Jawa Pos Group yang tersebar di seluruh Indonesia setiap harinya. Sedangkan untuk berita-berita yang bersifat internasional, Jawa Pos memiliki jaringan berupa database dari beberapa sumber media informasi di seluruh dunia. Jawa Pos Group tersebar di berbagai daerah di Indonesia, yang masing-masing memiliki nama yang berbeda seperti Radar Malang untuk kota Malang, Metropolis untuk kota Surabaya, Radar Jember untuk kabupaten Jember, dan masih banyak lagi.


Studi Ekskursi yang selanjutnya , diadakan pada tanggal 8 Mei 2014 dan dilaksanakan di stasiun televisi lokal JTV yang juga berlokasi di gedung Graha Pena Surabaya. JTV adalah sebuah stasiun televisi lokal yang berasal dari kota Surabaya sendiri, dan dikhususkan untuk penonton Surabaya. JTV merupakan kepanjangan dari Jawa Pos TV, sehingga tidak heran bila stasiun televisi yang satu ini dibentuk oleh Jawa Pos.


Pengetahuan yang didapatkan peserta dari SE Lokal sesi 2 ini cukup beragam, seperti teknologi yang digunakan JTV untuk mengudara, bagaimana JTV mendapatkan pendapatan (kontribusi terbesar dari pendapatan JTV adalah TVC atau Television Commercial, selain itu juga dari acara-acara off-air, pengisi-pengisi acara, dan lainnya), dan yang tidak kalah menarik adalah penjelasan mengenai bagaimana sistem rating bekerja untuk berbagai acara TV, khususnya JTV.
Sistem rating umumnya digunakan untuk mengukur serta memperbaiki atau mempertahankan kualitas suatu acara. Atas pernyataan tadi, JTV berlangganan pada salah satu lembaga yang melakukan review dan memberi rating pada setiap stasiun TV di seluruh Indonesia. Nah, rating yang diberikan inilah yang nantinya akan dijadikan pertimbangan apakah suatu acara layak dipertahankan, diperbaiki, atau bahkan dihilangkan.


Dari Studi Ekskursi JTV ini, para peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan mengenai JTV itu sendiri, tetapi juga mendapat suatu kesempatan yang luar biasa, yaitu ikut serta dalam acara langsung (on air) dalam salah satu program yang di adakan JTV. Seru, bukan?
Nah, dari cerita di atas, bukan berlebihan bahwa menyebut SE Lokal sebagai salah satu kegiatan yang seru serta membangun. Perlu diketahui juga bahwa SE Lokal tersebut merupakan pengganti sesi mata kuliah Pengantar Manajemen Bisnis. Memang ada tugas setelah kegiatan berlangsung, namun sebanding dengan ilmu dan pengalaman yang didapatkan, bukan?.(mo)


Close