Sejarah

Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra secara resmi didirikan berdasarkan Surat Keputusan No. 147/DIKTI/KEPT/1998, tanggal  25 Mei 1998 dan telah terakreditasi dengan nilai A berdasar Surat Keputusan 416/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014 pada tanggal 10 Oktober 2014.

Cikal bakal Program Studi Teknik Informatika ini sudah dimulai sejak dibukanya Bidang Studi Teknik Komputer di Program Studi Teknik Elektro pada tahun akademik 1992/1993. Hal ini membuat Program Studi Teknik Informatika tidak mengalami permasalahan dengan sumber daya manusia, karena semua dosennya sudah dipersiapkan sejak dibukanya Bidang Studi Teknik Komputer tersebut. Selain itu pengalaman selama membina Bidang Studi Teknik Komputer sangat bermanfaat dalam pembukaan Program Studi Teknik Informatika ini. Dengan berjalannya waktu, Program Studi Teknik Informatika mengembangkan diri dengan menambah sumber daya pengajar dari lulusan luar dan dalam negeri serta fasilitas pendukung berupa laboratorium dan peralatan.

Pada 1 Maret 1998, telah ditunjuk Ir. Djoni H. Setiabudi, M.Eng. sebagai Ketua Program Studi Teknik Informatika yang pertama dan kemudian pada tanggal 26 Mei 2006 diganti oleh Rudy Adipranata S.T., M.Eng.